recent

Mengenal Lebih Dekat Tentang Josei dan Seinen di Dunia Manga

Baca Juga

Mengenal Lebih Dekat Tentang Josei dan Seinen
Mengenal Lebih Dekat Tentang Josei dan Seinen
Manga merupakan cerita bergambar yang berasal dari Jepang dengan kelas-kelasnya. Lantas, apa maksud dari istilah Josei dan Seinen yang melebihi kelas manga Shoujo dan Shounen?

Manga merupakan sebutan cerita bergambar atau komik di Jepang. Untuk para pecinta manga sendiri, tentu saja ada beberapa istilah yang sering mereka dengar yang berkaitan dengan manga seperti Shoujo, Shounen, Josei dan Seinen. Shoujo dan Shounen merupakan kelas manga yang untuk anak-anak. Lantas, apakah maksud dari istilah Josei dan Seinen yang melebihi Shoujo dan Shounen? Untuk lebih memahami setiap istilah yang berkaitan dengan manga, kita intip langsung penjelasannya yang ada di bawah ini.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Shoujo dan Sheinen adalah istilah untuk manga yang dibuat untuk anak-anak yang berumur sekitar 10 sampai 18 tahun. Shoujo manga sendiri ialah manga yang ditujukan untuk anak perempuan. Beberapa Shoujo manga yang terkenal misalnya Sailor Moon, Cardcaptor Sakura, Revolutionary Girl Utena dan Rose of Versailles. Sedangkan Shounen manga adalah manga untuk anak laki-laki dan beberapa manga seperti One Piece, Naruto, Bleach dan Dragon Ball menjadi Shounen manga yang terkenal. Namun, ketika cerita dalam manga ditujukan untuk pembaca dewasa, istilah manga yang dipakai akan berbeda yaitu menjadi Josei dan Seinen.

Perbedaannya cukup jelas yaitu dalam Shoujo, biasanya karakter utama adalah wanita yang kental dengan kisah persahabatan, percintaan serta kehidupan sehari-hati, tapi dalam Josei, karakter utama bisa wanita atau pun pria dengan alur cerita orang dewasa. Sedangkan untuk Shounen, karakter utamanya adalah pria yang menjadi pemimpin dan ada tokoh perempuan yang menyertainya dengan fokus cerita persahabatan, cinta maupun pertarungan. Tapi, dalam Seinen, kisah yang ada di dalam manga mempunyai alur cerita yang lebih kompleks, bertema dewasa dan menekankan sisi realisme.

Mengkategorikan manga tidaklah semudah yang dipikirkan sebab dalam manga Hot Road misalnya. Meskipun secara teknis termasuk dalam Shoujo, tapi karena mempunyai tema penggunaan obat terlarang dan kekerasan, maka Hot Road masuk kategori Josei manga. Begitupun dengan Azunaya Daioh yang masuk kategori Shounen meskipun bercerita tentang siswa SMA.

Untuk memudahkan pengkategorian manga Shoujo, Shounen, Josei dan Seinen, yang pertama harus dilihat adalah majalah yang menerbitkan manga tersebut. Misalnya saja majalah Young Jump Japan yang akan hadirkan manga Shounen. Untuk majalah manga Seinen ataupun Josei, biasanya majalah akan mempunyai cover dengan tema dewasa. Hal kedua yang bisa dilihat adalah adanya kanji dengan furigana. Kanji dengan furigana tersebut biasa digunakan untuk anak-anak yang belum lancar membaca. Jadi, untuk manga yang tertulis dengan kanji, itu artinya manga tersebut untuk anak-anak.

Untuk contohnya, beberapa manga yang masuk kategori Seinen manga adalah Chobits (CLAMP), xxxHolic (CLAMP), Elfen Lied (Lynn Okamoto) dan Gantz (Hiroya Oku). Untuk Josei manga, contohnya yaitu Shirokuma Cafe (Aloha Hoge), Kuragehime (Akiko Higashimura), Paradise Kiss (Ai Yazawa), Loveless (Yun Kouja), dan Nodame Cantabile (Tomoko Ninomiya).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.