recent

Pengaruh Anime Jepang Di Dunia Film Hollywood

Baca Juga

Pengaruh Anime Jepang Di Dunia Film Hollywood
Pengaruh Anime Jepang Di Dunia Film Hollywood
Penggemar anime Jepang telah banyak mengambil hal-hal yang mereka sukai dari animasi tersebut dan kemudian dituangkan dalam film adaptasi. Akan tetapi pamornya tidak bisa menandingi film hollywood yang hanya mengambil inspirasi dari anime tersebut. Mengapa bisa begitu? Ya, tidak dipungkiri lagi jika dunia perfilman masih dikuasai orang-orang Eropa. Sumberdaya manusia yang kreatif dan didukung dengan teknologi membuat hampir semua film yang diterbitkan menembus rating tinggi. Penonton akan dipuaskan saat menyaksikan film yang dikemas secara maksimal.
 

Adaptasi Penggemar Anime Hanya Sebagian

Kekaguman terhadap karya animator Jepang Astro Boy membuat para produsen film ingin mengadaptasinya. Tidak jarang mereka singgah ke negara tersebut dan secara langsung meminta izin untuk adaptasi. Namun yang terjadi pihak Hollywood tidak mendapatkan anime untuk difilmkan. Dan jika ada yang berniat adaptasi tanpa lisensi sebenarnya akan lebih mudah. Sebagian besar adaptasi anime di Hollywood dikerjakan dalam waktu cukup lama dan selesai dengan hasil tidak memuaskan. Untuk penggemar anime lebih menyenangi film asli daripada adaptasi. Maka diputuskan pihak Hollywood hanya mengambil inspirasi inti dan dikemas dalam film baru.

Bagaimana Hollywood Dipengaruhi Karakter Anime?

Film The Lion King garapan Pixar John Lasseter diduga sebagai remake dari Kimba the White Lion. Hal tersebut diperkuat karena tidak didapatnya lisensi anime Jepang oleh produsen film. Pada beberapa adegan memang terlihat sama persis antara keduanya. Membuat tuduhan plagiarisme semakin kuat diarahkan pada animator Amerika. Memang tidak dipungkiri jika mereka terinspirasi animasi Jepang, namun Lion King tidak meminjam citra dari Kimba.

Selain film Lion King, masih ada beberapa film yang menyertakan squel anime Jepang. Misalnya pose agen Smith dalam The Matrix sama persis dengan pose Motoko dari Ghost in the Shell. Mungkin di tahun mendatang pihak Hollywood akan benar-benar mendapatkan hak membuat adaptasi langsung animasi Jepang. Tapi dengan skenario asli dibuat oleh orang yang berkompeten di bidang anime. Sehingga film yang dihasilkan akan berhasil di Hollywood.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.