recent

Penelitian Menyebutkan Manga dan Anime Buat Anak Pintar

Baca Juga

Penelitian Menyebutkan Manga dan Anime Buat Anak Pintar
Penelitian Menyebutkan Manga dan Anime Buat Anak Pintar
Salah satu profesor di Jepang mengungkapkan bahwa manga dan juga anime bisa membuat anak menjadi pintar. Sebaliknya, menjauhkan anak dari manga dan anime merupakan tindakan buruk orang tua. 

Hal tersebut disampaikan oleh salah satu profesor dari Universitas Tama bernama Yuichi Higuchi. Seperti yang banyak orang pahami ialah manga atau komik dan juga anime pastinya akan membuat anak menjadi bodoh karena mereka akan mengesampingkan buku pelajaran. Tidak jarang pula orang tua beranggapan bahwa agar anak pintar, anak-anak harus sering membaca buku pelajaran bukan membaca manga atau menonton anime. Maka dari itu, predikat manga dan anime cukup kurang baik dimata orang tua. 

Namun, hal tersebut dibantah oleh profesor Higuchi. Dalam penelitian yang telah ia lakukan, nyatanya manga dan anime justru bisa membuat anak lebih pintar. Hal tersebut disampaikan oleh profesor Higuchi dalam esainya dengan judul Apakah Kamu Orang Tua yang Buruk?. Dalam esainya ini, profesor asal Jepang ini banyak sekali membeberkan bagaimana manga dan juga anime bisa membuat anak menjadi pintar. Dalam esai ini juga disebutkan jika orang tua yang buruk adalah mereka yang menyingkirkan manga dan anime dari keseharian anak. 

Untuk ulasan yang pertama ialah mengenai manga. Manga sendiri ialah cerita bergambar dari Jepang yang dalam bahasa Indonesia lebih sering dikenal sebagai komik. Manga mempunyai peran yang cukup besar untuk perkembangan kemampuan berbahasa pada anak. Hal ini bisa terjadi apabila sebuah manga dibaca secara berulang-ulang. Memang, kalau hanya untuk memahami plot, manga cukup dibaca sekali. Namun, jika manga dibaca secara berulang kali, anak akan banyak menemukan kata baru dan juga pemahaman yang lebih mendalam mengenai sebuah humor dengan visualisasi gambar dalam manga tersebut misalnya. 

Dalam hal ini, anak bisa memahami hal tersebut jika mereka baca sebuah manga lebih dari sekali. Membaca secara berulang ini akan sangat baik untuk anak yang mana anak akan menemukan banyak kata baru dan juga pemahaman dialog yang lebih baik. Jadi, tidak ada salahnya jika membiarkan anak untuk membaca manga. 

Sedangkan untuk anime, menurut profesor Higuchi, anime ini pun bisa mengembangkan kemampuan anak menjadi lebih pintar, khususnya kemampuan bahasa mereka. Ketika seorang anak menonton sebuah anime, secara tidak langsung mereka menambah vocabulary atau kosa kata bahasa mereka. Selain itu, anime pun bisa mengembangkan sikap kritis mereka. Dengan pertanyaan yang cukup sederhana seperti bagian mana yang kamu sukai dan mengapa pemain tersebut melakukan hal itu akan sangat membantu anak agar lebih kritis. 

Jadi, menurut penjelasan di atas, manga dan juga anime sangat baik untuk anak. Bagaimana dengan anda? Apakah anda setuju?

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.