recent

Lika-Liku Pembuat Anime Manga

Baca Juga

Lika-Liku Pembuat Anime Manga
Anime
Anime merupakan animasi khas Jepang yang dicirikan dengan gambar tokoh warna-warni dalam berbagai situasi dan lokasi. Pembuatannya sangat dipengaruhi gaya gambar manga. Manga sendiri adalah komik yang dibuat di Jepang. Di negara sakura, orang dari segala usia membaca manga. Media tulis ini mencakup karya dalam berbagai genre, mulai dari petualangan, asmara, sejarah drama, olahraga, permainan, misteri, detektif, perdagangan, dan lain-lain. Bukan hanya di negara asalnya, komik Jepang ini telah mendapat pembaca di seluruh dunia termasuk Indonesia. 

Animasi Jepang pertama yang terpopuler yaitu Astro Boy karya Ozamu Tezuka pada tahun 1963. Semakin maju teknologi saat ini membuat animasi tumbuh berkembang dibanding zaman dulu. Alur ceritanya semakin beragam dengan grafik lebih mengagumkan. Hal tersebut membuat beberapa televisi kabel seperti Nickelodeon dan Cartoon Network mengekspor kartunya untuk dinikmati masyarakat Jepang. Maka, sekarang animasi dijadikan ladang bisnis yang menjanjikan. Tetapi tidak sedikit pula yang memanfaatkan hal ini untuk sebuah tindakan kejahatan.

Para animator lah yang berperan membuat anime. Terkadang mereka bekerja sama untuk menghasilkan animasi yang indah. Akan tetapi kerja keras mereka kurang dihargai perusahaan. Para animator hanya mendapatkan gaji kecil untuk hasil karya mereka. Karena hal tersebutlah para animator mulai enggan berproduksi. Belum lagi ulah para pembajak yang semakin mempersulit para animator mendapatkan keuntungan penuh dari kerja keras mereka. Bahkan ada beberapa pihak produsen yang memang sengaja menyebarkan karya diluar kesepakatan. Tujuannya adalah untuk mendapatkan popularitas.

Tidak sedikit orang sengaja pergi ke Jepang untuk belajar menjadi animator. Orang-orang inilah yang nantinya akan membawa anime ke negara masing-masing untuk dinikmati dan dikembangkan. Adapun pihak yang membuat karya serupa misalnya Korea dan beberapa negara Asia lainnya. Adanya teknologi visual komputer telah mempermudah pembuatan animasi. Karena itu, beberapa penikmat karya seni ini berpendapat terjadi penurunan kualitas artistik. Tetapi jika dilihat dari kualitas gambarnya, animasi jaman sekarang lebih proporsional dan warnanya lebih bagus karena didukung teknologi HD.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.